Jumat, 23 Oktober 2015

email client,mozilla thunderbird,microsot outlook

Email client sebagai sebuah solusi

Dengan menggunakan email client tanpa harus konek ke internet anda tetap bisa membuka email terdahulu, karena cara kerja email client ini adalah dengan menyimpan email dari server ke komputer lokal.
Jika anda adalah pengguna jasa jakarta webhosting, anda tidak perlu khawatir karena server kami sudah support dengan software email client sehingga tanpa harus terkoneksi dengan internet anda tetap bisa membuka email-email terdahulu. Fitur ini ada pada kedua jenis layanan kami, baik pada windows hosting maupun linux hosting.

Aplikasi Email Client

Kalau anda mencari software email client yang berfungsi untuk menerima serta mengirim email berbasis pop3 dan SMTP dengan kapasitas filenya berukuran mini anda bisa menggunakan email client bernama Avanti!. Yang pasti juga softwareemail client Avanti! ini lisensinya freeware alias gratis. Kapasitas file keseluruhannya dari Avanti! ini dibawah 1Mb dan Avanti! ini memiliki sifat portable yang artinya tanpa perlu di install ke harddisk anda maka anda bisa menjalankannya.
Jenis protokol mail yang dapat didukung oleh email client bernama Avanti! ini ialah POP3 dan SMTP. POP3 untuk mengambil email sedangkan SMTP untuk mengirim pesan email.
Avanti! juga dapat mendukung fasilitas multiple account yang artinya apabila anda memiliki banyak account email yang mendukung pop3, semua alamat email pop3 yang anda miliki dapat ditarik emailnya secara bersamaan. Tentunya juga Avanti! memiliki  fasilitas membaca email dalam format HTML ataupun plain text.
Fasilitas lainnya dari email client Avanti! ini terdapat fasilitas yang memungkinkan anda untuk dapat membaca header email saja apabila ada pesan email yang masuk ke server pop3. Dengan hanya membaca header email yang masuk anda bisa memilah milih pesan email yang akan anda download atau juga anda hapus langsung di server pop3nya
Kalau alamat email yang anda miliki harus menggunakan akses melalui OpenSSL, Avanti! juga dapat mensupportnya. Anda juga dapat mengatur kapan waktu untuk melakukan pengecekan email yang masuk ke dalam mailbox email anda. Untuk mengirim pesan email anda juga dapat membuat template sendiri, tampilan yang seperti apa yang akan anda inginkan.
Ada banyak program email client yang tersedia saat ini, seperti Microsoft Outlook dan Outlook Express, Mozilla Thunderbird, dan masih banyak lagi. Agar email Anda di server bisa diambil dengan sukses oleh program e-mail client, Anda harus mengatur setting untuk POP3 dan SMTP account pada program email client.

Untuk POP3 account biasanya bersifat fixed, tidak bisa diubah-ubah. Jika Anda menggunakan account e-mail CBN misalnya, maka POP3 accountnya adalah pop.cbn.net.id. Sedangkan SMTP account biasanya lebih fleksibel, karena tergantung dari ISP yang Anda gunakan. Misalnya Anda menggunakan account email gratisan dari hotpop.com. Anda bisa menggunakan SMTP account-nya hotpop.com (smtp.hotpop.com), atau SMTP dari ISP Anda (untuk CBN, SMTP account-nya adalah smtp.cbn.net.id).
Secara umum, penggunaan e-mail client akan meminimalisir ketergantungan Anda terhadap akses internet. Kenapa? Karena koneksi internet hanya Anda butuhkan ketika melakukan dua hal:
  • mengambil email dari mail server Anda
  • ketika Anda hendak mengirim e-mail.
Anda sama sekali tidak membutuhkan koneksi internet ketika membaca atau mengetik pesan e-mail. Lalu mana yang lebih baik digunakan ?
Tidak mudah menyebut mana yang yang lebih baik, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Keunggulan utama webmail adalah kemampuannya untuk diakses dari mana saja di seluruh dunia. Dari kantor, warnet, rumah, luar negeri, rumah tetangga, atau dari tempat lain, terserah Anda. Yang penting, komputer yang Anda pakai memiliki akses internet. Kemudahan seperti ini disebabkan e-mail yang Anda kelola berada di mail servertertentu, bukan di komputer pribadi Anda.

Keunggulan dan kelemahan Email Client


Sedangkan email client memiliki memiliki keunggulan dan kelemahan yang sebaliknya. Keunggulannya yakni dapat menghemat koneksi internet. Anda cukup terkoneksi ketika melakukan Send and Receive. Setelah itu, Anda bisa membaca dan menulis email secaraoffline. Keunggulan lainnya, proses pembacaan pesan sangatlah gampang. Anda tinggal mengklik subject sebuah pesan, lalu dalam sekejap Anda akan bisa membacanya. Bahkan hampir semua program e-mail client memiliki fasilitas Auto Preview, yang membuat proses pembacaan e-mail menjadi lebih mudah. Anda juga tak perlu khawatir soal kuota, karena pesan-pesan e-mail Anda telah berpindah dari mail server ke komputer pribadi Anda.
Sedangkan kelemahan utama e-mail client adalah keterbatasannya dalam mengakses pesan e-mail Anda. Anda hanya bisa mengakses e-mail Anda dari komputer pribadi Anda, tidak bisa dari komputer tetangga, warnet, apalagi dari luar negeri. Selain itu, apabila Anda kurang hati-hati, pesan-pesan rahasia di inbox Anda bisa dibaca oleh orang lain dengan gampang. Memang, ada fasilitas Identity seperti di Outlook Express yang sanggup melindungi Anda dari kemungkinan terbacanya e-mail Anda oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Namun tidak semua e-mail client memiliki fasilitas Identity. Kalaupun ada, tidak semua orang menggunakannya, mungkin karena tidak tahu, atau merasa tidak perlu.
2. tunderbird
 
Mozilla Thunderbird adalah perangkat lunak klien surat elektronik yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation. Pada 7 Desember 2004, versi 1.0 diluncurkan dan diunduh lebih dari 500.000 kali dalam 3 hari pertama. Sampai 2007, Thunderbird telah diunduh lebih dari 50 juta kali.
Mulanya dinamai Minotaur, proyek ini awalnya kurang mendapat dukungan. Setelah suksesnya Mozilla Firefox, muncul permintaan untuk klien email yang serupa, dan Minotaur diberi nama baru. Thunderbird mendukung sistem operasi berikut.

Fitur

Thunderbird memiliki fitur-fitur klien surel standar tetapi terkesan sederhana.
  • Tab email. Thunderbird memiliki antarmuka yang mirip dengan penjelajah web. Surel akan dibuka di tab baru sehingga pengguna dapat membaca satu surel secara penuh.
  • Buku kontak memungkinkan pengguna menambahkan kontak baru pada buku kontak.
  • Multiple channel chat memungkinkan pengguna berkomunikasi secara real-time menggunakan akun media sosial Facebook, Twitter, Google Talk, dan lain-lain.
  • Pengaya memungkinkan pengguna untuk mengubahsuai Thunderbird dengan tambahan fungsi atau mempercantik gayanya.
  • Ubahsuai folder memungkinkan pengguna membuat folder baru atau mengganti nama folder yang sudah ada.
  • Perlindungan spam/phising
 
3. Microsoft Outlook atau Microsoft Office Outlook adalah sebuah program personal information manager dari Microsoft, dan bagian dari suite Microsoft Office . Walaupun biasanya hanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat-e, program ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal. Bila digunakan bersama dengan Microsoft Exchange Server, Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama.
Outlook Express adalah sebuah versi kecil Outlook yang disediakan secara cuma-cuma oleh Microsoft, bersama dengan penjelajah web Internet Explorer. Tidak ada hubungan antara kedua program ini kecuali namanya. Outlook Express digantikan dengan Windows Mail dalam Windows Vista.
Salah satu tujuan Microsoft adalah membuat program surat-e yang mudah digunakan. Namun karena banyak lubang keamanan dalam Outlook, program ini sering digunakan untuk memasukkan virus, misalnya lewat attachment e-mail. Beberapa contoh virus yang disebarkan lewat cara ini adalah Melissa dan Sobig.
Pengertian, Fungsi dan Kegunaan Microsoft Outlook Express. Apa itu Microsoft Outlook ? Microsoft Office Outlook adalah sebuah aplikasi pengelola informasi pribadi dari Microsoft Office Suite. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat elektronik (email). Meskipun begitu, aplikasi ini juga memiliki fungsi fungsi seperti catatan, jurnal, jadwal kerja dan kalender. Microsoft Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama jika dikombinasikan dengan Microsoft Exchange Server. pengertian dan fungsi microsoft outlook Ada 2 macam versi dari Outlook yaitu Microsoft Outlook Express dan Microsoft Outlook. Microsoft Outlook Express adalah versi kecil dari Outlook yang pertama kali dirilis dengan Windows 98. Microsoft Outlook tidak hanya bisa digunakan di PC/Komputer saja, melainkan disemua perangkat windows. Contohnya Outlook Mobile, yang dapat menghubungkan data Outlook ke smarthone, Ada juga add ons tambahan yang bisa menghubungkan Outlook dengan Blackberry dan perangkat handphone lainnya. Fungsi / Kegunaan Microsoft Outlook Sebagai aplikasi pengelola email, microsoft office outlok memiliki manfaat sebagai berikut Untuk membaca email secara offline Untuk mengirim email dengan cepat Untuk memcadangkan email di PC Untuk melakukan penjadwalan Untuk membuat dan mengatur adress book (buku alamat) Kelebihan Microsoft Outlook Microsoft Outlook memiliki keunggulan sebagai berikut Memiliki tampilan yang simpel dan elegan Memiliki fitur undo untuk mengembalikan perintah yang baru saja dilaksanakan Dapat terhubung dengan social media Diberikan kapasitas SkyDrive sebesar 7GB Dapat mengedit dokumen office di SkyDrive secara langsung Dapat memisahkan email masuk sesuai kategori yang diinginkan Memiliki sistem pembersih spam yang handal Dapat sinkronisasikan dengan smartphone Dapat digunakan untuk melakukan video call dengan Skype Cara Menggunakan Email dengan Microsoft Outlook Pertama anda harus memiliki email terlebih dahulu. Buat email anda segera di outlook.com . Setelah itu anda bisa membeli atau mendownload aplikasi Microsoft Outlook. Install aplikasinya di komputer anda, buka lalu ikuti langkah langkahnya. Jika anda diperintahkan untuk login maka loginlah dengan menggunakan akun email yang telah anda buat sebelumnya. Untuk login, anda harus terkoneksi dengan internet. Demikian artikel tentang pengertian dan fungsi microsoft outlook, kegunaan ms outlook. Semoga bermanfaat.

Disalin dari : http://www.burung-net.com/2015/05/pengertian-dan-fungsi-microsoft-outlook.html
Hargai penulis, jangan hapus sumber ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar